بسم الله الرحمن الرحيم

  • DEFINISI

Jumlah adalah kalimat yang tersusun dari dua kata atau lebih dan memiliki makna.

Contoh :    البُسْتَانُ جَمِيْلٌ

                 قَطَفَ مُحَمَّدٌ زَهْرَةً

                 يَعِيْشُ السَّمَكُ فِي المَاءِ

  • PEMBAGIAN JUMLAH

Berdasarkan Awal Kalimat

  • Jumlah Ismiyah (الجملة الاسمية)

Adalah jumlah (kalimat) yang diawali dengan isim marfu’ atau kalimat yang terdiri dari mubtada` dan khabar.

Contoh :         الشَّارِعُ مُزْدَحِمٌ

                      الحَقِيْبَةُ مَفْتُوْحَةٌ

                      الطَّالِبَةُ تَدْرُسُ

                      المُدَرِّسُ فِي الفَصْلِ

  • Hijau = mubtada`        Biru = khabar
  • Mubtada` adalah isim marfu’ di awal kalimat dan selalu mufrad[1] (tidak berbentuk kalimat).

Contoh : التُّفَّاحَةُ حُلْوَةٌ

               القِطَارُ سَرِيْعٌ

  • Khabar adalah isim marfu’ yang melengkapi mubtada` menjadi sebuah kalimat. Khabar digunakan sebagai keterangan dari mubtada`.

Contoh :   البَابُ مُغْلَقٌ

               المُدِيْرُ يَقُوْمُ

               الطَّيْرُ فِي القَفَصِ

Terdapat tiga macam khabar :

  • Khabar mufrad

Yaitu khabar yang tidak berbentuk jumlah (kalimat) atau syibhul jumlah.

Contoh :      البِنْتُ مُجْتَهِدَةٌ

                    الطَّبِيْبَانِ ذَكِيَّانِ

  • Khabar jumlah

Yaitu khabar yang berbentuk jumlah (kalimat), baik jumlah ismiyah maupun fi’liyah.

Contoh :     

  • Jumlah ismiyah            :           مُحَمَّدٌ أَبُوْهُ كَرِيْمٌ

                                                  زَيْدٌ بَيْتُهُ جَدِيْدٌ

  • Jumlah fi’liyah             :           عَلِيٌّ يَتَحَدَّثُ العَرَبِيَّةَ

                                                  هِشَامٌ يُسَافِرُ

  • Khabar Syibhul Jumlah

Yaitu khabar yang berbentuk jarr majrur atau dzarf.

Contoh :

  • Jar majrur         :           الوَلَدُ فِي المَلْعَبِ

الصُّنْدُوْقُ عَلَى الخِزَانَةِ

  • Dzarf                 :           الصَّوْمُ يَوْمَ الخَمِيْسِ

القِطُّ تَحْتَ المَكْتَبِ

  • Jumlah Fi’liyah (الجملة الفعلية)

Yaitu jumlah (kalimat) yang tersusun dari fi’il dan fa’il, baik berupa fi’il madhi, mudhari’, amr, fi’il muta’addi atau lazim, dan fi’il ma’lum atau majhul.

Contoh :                

  • Fi’il madhi                    :                      قَامَ زَيْدٌ
  • Fi’il mudhari’          :           تَبِيْضُ الدَّجَاجَةُ
  • Fi’il amr                          :                      اُكْنُسْ الفَصْلَ
  • Fi’il muta’addi       :                      غَسَلَتْ الأُمُّ المَلَابِسَ
  • Fi’il lazim                      :                      نَامَتْ الجَارِيَةُ
  • Fi’il ma’lum              :                      رَسَمَ بَكْرٌ السَّفِيْنَةَ
  • Fi’il majhul                 :                      رُسِمَتْ السَّفِيْنَةُ
  • ISLAAH AL-LUGHAH
Makna Yang sering digunakan Ishlah Lughah
Jangan ngawur kalau ngomong لَا تَتَهَوَّرْ فِيْ كَلَامِكَ
  • MARAAJI’
    • Al-Lughah al-Arabiyyah (Al-Fashlu Ad-Diraasy Al-Awwal), Qism Ta’limi Zaad Al-Ilmiyyah.
  • At-Tathbiiq an-Nahwi, DR. Abduh ar-Raajihi.
  • An-Nahwu al-Waadhih Fii Qawaa’id al-Lughah al’Arabiyyah, Ali al-Jarim dan Musthafa Amin.
  • At-Tuhfatus Saniyyah Syarh Muqaddimah Al-Jurrumiyyah, Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid.

Penulis : Ainun Nur Hasanah

Pembimbing : Ust. Ahyat Habibi, Bcl.

Sabtu, 13 April 2019


[1] Mufrad di sini bukan antonim dari mutsanna atau jamak, tapi antonim dari jumlah (kalimat). Jadi, mutsanna dan jamak termasuk mufrad dalam konteks mubtada` dan khabar.

Contoh : فَاطِمَةُ مُجْتَهِدَةٌ، فَاطِمَتَانِ مُجْتَهِدَتَانِ، فَاطِمَاتُ مُجتَهِدَاتٌ

Kategori: Nahwu

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *