“Aku keluar dari Baghdad dan tidaklah aku menjumpai di dalamnya seseorang yang lebih utama,lebih berilmu,lebih fakih, dan lebih tsiqah daripada Ahmad bin Hanbal”-Imam As-Syafi’i (240 H)
NASAB DAN KELAHIRAN
Beliau adalah Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal Asy-Syaibani Al-Marwazi Al-Baghdadi. Beliau dilahirkan di kota Baghdad pada bulan Rabiul Awwal tahun 164 H menurut riwayat yang masyhur. Berdasarkan keterangan tersebut, beliau dilahirkan di kisaran masa pemerintahan khalifah Muhammad Al-Mahdi dari Dinasti Abbasiyyah.
SEMANGAT BELAJAR DAN KEILMUAN DI MASA MUDA
Imam Ahmad bin Hanbal dibesarkan dalam keadaan yatim dan miskin. Ayahanda beliau wafat di usia 30 tahun dan meninggalkan beliau yang masih berusia 3 tahun, kemudian beliau ditarbiyah dengan baik oleh ibunda beliau dalam naungan madrasah pertama yang penuh barakah dan dibanjiri kecintaan terhadap ilmu. Beliau mulai menuntut ilmu di usia 15 tahun dan mengikuti halakah-halakah ulama yang tersebar di kota Baghdad pada masa itu. Orang yang beliau ambil haditsnya di awal awal belajar diantaranya Imam Abu Yusuf Al-Qadhi, sahabat Imam Abu Hanifah. Beliau juga banyak mengambil hadits dari Hasyim bin Basyir.
Ibnu Abi Hatim menukil perkataan Shalih bin Ahmad dari ayahnya: “Tatkala wafatnya Hasyim bin Basyir, aku pergi menuju Kufah pada tahun 183 H, dan awal perjalananku ke Bashrah dimulai pada tahun 186 H setelah itu aku pergi menemui Sufyan bin Uyainah di Hijaz pada tahun 187 H. Fudhail bin Iyadh telah wafat pada saat itu.
Aku telah pergi berhaji sebanyak 5 kali, 3 kalinya dengan berjalan kaki, dan aku menginfakkan dalam salah satu perjalananku uang sebanyak 30 dirham.”
Sholih bin Ahmad juga meriwayatkan perkataan beliau “Hasyim bin Basyir meninggal dunia dan tatkala itu aku masih berusia 20 tahun dan aku sudah menghafal apa yang aku dengar darinya.”
Beliau menempuh rihlah mengembara mencari hadits sebagaimana kebiasaan penuntut ilmu terdahulu dengan berjalan kaki dari satu negeri ke negeri lainnya. Berguru kepada Waki’ dan menghafal seluruh kitabnya di Kufah, menulis 300.000 hadits dari Bahz bin Asad di Bashrah, mendengar hadits dari majelis Sufyan bin Uyainah di Hijaz, bertemu Imam Syafi’i di Makkah, menempuh rihlah bersama Yahya bin Ma’in ke Yaman dan mulai menyusun kitab Al-Musnad sekembalinya ke Baghdad. Tidaklah beliau menempuh perjalanan ke suatu negeri kecuali telah pergi kesana dan telah melaluinya berkali kali.
Dikisahkan beliau terpaksa menjual baju kurungnya untuk membiayai perjalanan, terkadang beliau menawarkan barang barangnya dan bekerja kepada kafilah untuk memenuhi hajat selama rihlah menuntut ilmu, bahkan beliau menyewakan rumah peninggalan ayahnya dan baju bersulam demi menjaga diri dari memohon belas kasihan manusia.
GURU-GURU BELIAU
Jumlah syaikh yang beliau riwayatkan dalam kitab beliau “Al-Musnad” mencapai lebih dari 280 orang. Diantaranya terdapat Sufyan bin Uyainah Al-Hilali, Waki’bin Jarrah, Abu Yusuf Al-Qadhi, Abu Dawud Ath-Thayalisi, Yahya bin Sa’id Al-Qaththan, Abdurrahman bin Mahdi, Yazid bin Harun, Mu’tamir bin Sulaiman At-Taymy, Abu Muawiyah Adh-Dhorir, Jarir bin Abdillah Al-Humayd, Marwan bin Muawiyah,Ibnul Aliyyah, Al-Walid bin Muslim, Abdurrazzaq bin Hammam Ash-Shan’ani, dan selainnya dari kalangan imam imam muhaddits dan fuqaha’.
MURID-MURID BELIAU
Diantara orang orang yang mengambil hadits dari beliau adalah Imam Bukhari dan juga Muslim penulis dua kitab shohih, dan juga ashabus sunan yang empat (Imam An-Nasa’i, Turmudzi, Ibnu Majah dan Abu Dawud) Begitupula dua putra beliau Abdullah dan Sholih.
Meriwayatkan pula dari beliau Ali bin Al-Madini, Yahya bin Ma’in, Muhammad bin Yahya Adz-Dzuhli, Imam Asy-Syafi’i, Abdus bin Malik Al-Aththar (yang menuliskan ushulus sunnah Imam Ahmad bin Hanbal), Ibrahim Al-Harbi dan selain mereka dari kalangan penuntut ilmu yang mengumpulkan ilmu dan mendengar hadits dari beliau.
KARYA-KARYA BELIAU
Karya beliau yang paling masyhur adalah Musnad Ahmad Ibn Hanbal yang memuat puluhan ribu hadits dan juga menjadi rujukan para penuntut ilmu manakala mempelajari kutubut tis’ah (terdiri dari kutubus sittah ditambah musnad Imam Ahmad, Al-Muwatha’ Imam Malik dan Sunan Ad-darimi).
Beliau juga menyusun risalah-risalah yang berkaitan tentang cabang ilmu yang lain, seperti tafsir Al-Qur’an, An-Nasikh wal Mansukh, Al-Wara’, Az-Zuhd, dan lain sebagainya.
PUJIAN ULAMA’ TERHADAP BELIAU
Ibnu Qutaibah berkata: “Setelah wafatnya Ats-Tsauri, lenyaplah sifat wara’. Setelah wafatnya Asy-Syafi’I, lenyaplah sunnah. Setelah wafatnya Ahmad bin Hanbal, kebid’ahan akan merajalela.”
Diriwayatkan dari Ishaq bin Rahawaih bahwasanya beliau mengatakan, “Ahmad adalah hujjah antara Allah dan makhluknya.”
Ibrahim Al-Harbi mengatakan, “Orang alim pada masanya, yaitu Sa’id bin Al-Musayyab pada zamannya, Sufyan Ats-Tsauri pada zamannya dan Ahmad bin Hanbal pada zamannya.”
Al-Muzani menyebutkan:
أحمد بن حنبل يوم المحنة وأبو بكر يوم الردة وعمر يوم السقيفة وعثمان يوم الداروعلي يوم صفين
“Ahmad bin Hanbal diuji pada hari mihnah, Abu Bakar pada hari riddah (peristiwa murtadnya orang orang sepeninggal nabi), Umar pada hari saqifah (peristiwa wafatnya nabi), Utsman di hari pembunuhannya dan Ali di perang shiffin.”
Ali bin Al-Madini mengatakan, “Allah menjaga kemuliaan Islam dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq di masa riddah dan Ahmad bin Hanbal di masa mihnah.”
Ibnu Abi Hatim mengatakan, “Jika kamu melihat seseorang yang mencintai Ahmad bin Hanbal, maka ketahuilah dia adalah pengikut sunnah.”
Yahya bin Ma’in mengatakan manakala seseorang mengomentari banyaknya pujian beliau terhadap Imam Ahmad, “Kamu mengingkari banyaknya pujian terhadap Ahmad. Jika seandainya kita duduk dalam sebuah majelis hanya untuk memuji seluruh kemuliaannya, maka itu tidaklah sanggup menyebutkan keseluruhannya.”
Bersambung ke bagian 2 (Peristiwa Mihnah)
Referensi:
1. Ahmad Ibn Hanbal,Hayatuhu wa Fiqhuhu, Abdul Aziz Muhammad Azzam, Tesis Doktoral Ummul Qura University Makkah, Tanpa Tahun.
2. Imam Ahlussunnah Ahmad bin Hanbal, Muhammad Abu Ajiilah Ahmad Abdulloh, 2017
https://ar.islamway.net/article/67955/امام-اهل-السنة-احمد-ابن-حنبل
3. Siyar A’lamin Nubalaa’ Juz11, Syamsuddin Adz-Dzahabi, Cetakan Muassasah Arrisalah,Beirut.
4.Syarh Ushul Sunnah Ahmad Bin Hanbal, Walid bin Muhammad Nubaih (Terjemahan Muhammad Wasitho), Pustaka Darul Ilmi,Bogor
5.Tarjamatul Imam Ahmad Bin Hanbal Wa Qisshatuhu Ma’al Musnad,Imad Ali Abdussami’Husain, Darul Iman, Iskandariyah.
Penulis artikel: Khumairo’ binti Fritz
Pembimbing: Ustadz Hendri Waluyo Lensa, Lc., M.Hum.
0 Komentar